Home » » Anak Ayam DOC

Anak Ayam DOC

Anak ayam atau DOC { Day Old Chick } merupakan bakal calon induk ayam yang baru berumur 1 hari - 1 minggu. biasanya secara tradisional anak ayam pada umur 1 bulan - 3 bulan masih mengekor ke induknya untuk mencari makan. 

Namun kini perawatan DOC dan atau anak ayam mulai beralih ke perawatan ekstra diaman anak ayam mulai dari pecah telor sudah dipisahkan dengan induknya dengan dibuatkan kandang sendiri dan diberi suplay makanan konsentrat. 

Perkembangan anak ayam yang dirawat dengan cara ini jauh berbeda dengan perkembangan anak ayam yang dirawat secara tradisional, pertumbuhannya pun jauh lebih cepat dengan cara modern, karena kita bisa menghasilkan induk-an ayam 2 - 3 bulan tergantung suplay makanan dan cepatnya ayam bereproduksi. 

Selain pertumbuhannya lebih cepat, perawatan dengan cara inipun juga mencegah kematian anak ayam hingga 80 - 90 % dan dibandingkan dengan anak ayam yang dirawat orang tuanya atau induknya. hal ini dikarenakan suplay makanan yang terjamin , vitamin yang tersedia , anak ayam juga tidak banyak berkeliaran kesana kemari dan diganggu oleh binatang liar termasuk induk ayam yang lain.
Share this article :

Post a Comment