Home » » Anak Itik DOD

Anak Itik DOD

Anak itik atau dod adalah cikal bakal dari indukan bebek dimana mereka adalah siklus awal dari bebek induk-an. 

Sedari kecil atau baru menetas kita sudah bisa menggolongkan atau memilah milah mereka kedalam jenis kelamin berbeda baik itu jantan maupun betina, caranya adalah dengan membuka bagian lubang pantat itik dan menekannya dengan pelan. 

Untuk bebek atau itik jantan terdapat alat kawin atau dzakar sedangkan untuk bebek atau itik betina tidak memiliki alat kawin atau dzakar. 

Bebek atau itik juga dapat dibedakan jenis kelaminnya berdasarkan suara yang keluar , namun untuk dapat membedakan itik atau bebek dari suaranya kita harus menunggu sekitar 1 - 1,5 bulan dengan catatan bebek dirawat dengan baik. 

Pada dasarnya bebek adalah binatang jenis unggas yang paling mudah perawatannya jika dibandingkan dengan jenis unggas yang lain, karena mereka tidak memilih jenis makanan yang disuguhkan kepada mereka. namun bebek juga unggas yang paling sulit perawatannya dimana mereka mudah sekali stress dan mati jika terlambat memberi pakan dan berada ditempat yang sempit dan atau gaduh. 

Perawatan intensif seperti kandang open atau kandang yang diberi lampu , sebenarnya tidak juga diperlukan karena sejak umur 1 minggu - 2 minggu itik sudah tidak lagi memerlukan kehangatan dengan suhu yang lebih, disamping itu itik pada umur 1 - 2 minggu lebih suka berenang dikolam terutama setelah mereka diberi pakan. 

Pakan yang ideal dan bagus buat anak bebek atau itik adalah diberlakukan seperti ayam kandang, dimana mereka disuguhi pakan dasar / konsentrat selama kurang lebih 2 - 3 minggu kemudian diberi pakan campuran atau pakan biasa maupun dilepas ke sawah pada umur 1 bulan hingga 1bulan lebih 1 minggu, hal ini dilakukan guna untuk menghemat biaya pakan selama perawatan bebek hingga menghasilkan telor dan atau dikonsumsi.
Share this article :

Post a Comment